Jumat, 17 Juni 2016

Tanding Silat

    Kategori tanding pencak silat adalah yang menampilkan 2 ( dua ) orang Pesilat dari sudut yang berbeda . Keduanya saling berhadapan menggunakan unsur pembelaan dan serangan yaitu menangkis / mengelak / mengena / menyerang pada sasaran dan menjatuhkan lawan ; menggunakan taktik dan teknik bertanding, ketahanan stamina dan semangat juang , menggunakan kaidah dengan memanfaatkan kekayaan teknik dan jurus.
    Pertandingan pencak silat dibagi dalam 3 babak, dengan masing-masing babak memiliki waktu 2menit, dan istirahat antara babak 1 menit. Pertandingan pencak silat di pimpin oleh 1 orang wasit dan 5 orang juri. Ketentuan kemenangan jika pertandingan selesai dalam 3 babak dan juri memenangkan salahsatu pesilat dengan jumlah angka yang lebih banyak maka pertandingan dimenangkan dengan menang angka.
    Jika pesilat tidak dapat melanjutkan pertandingan karena menyatakan tidak dapat melanjutkan atau kondisi atlet tidak memungkinkan untuk bertanding maka kemenangan akan diberikan kepada lawan atas dasar menang teknik. Lawan yang terjatuh karena serangan yang sah dan dalam tempo 10 detik tidak dapat bertanding lagi maka kemenangan akan diberikan kepada pemenang atas dasar menang mutlak. Lawan yang mendapat peringatan kedua sampai ketiga maka kemenangan adan diberikan dengan atas dasar menang diskualifikasi.
    Ketentuan hukum untuk pesilat, jika pesilat melakukan pelanggaran ringan maka akan diberikan teguran. Dalam hal teguran ini wasit biasanya akan mengurangi nilai pesilat itu sendiri. Diskualifikasi akan diberikan oleh wasit jika pesilat mendapatkan peringatan ketiga. Seperti melakukan pelanggaran berat mendorong lawan hingga cedera.
    Ketentuan penilaian nilai 1 diberikan kepada pesilat jika pukulan masuk. Nilai 2 jika serangan kaki mengenai sasaran. Nilai 3 jika pesilat mampu menjatuhkan lawan. Nilai 4 jika pesilat berhasil menjatuhkan dan mengunci lawan.
    Pada peraturan pencak silat tidak semua angota badan kita boleh diserang. Bagian tubuh yang tidak dapat di serang yaitu bagian leher, pinggang, dan kemaluan. Sedangkan selebihnya dari situ boleh diserang. Kategori-kategori dalam pertandingan pencak silat yaitu:
1. Kategori dan kelas pertandingan untuk usia dini tanding terdiri atas :
tanding putra / putri :.
a. Kelas A 26 Kg s/d 27 Kg.
b. Kelas B diatas 27 Kg s/d 28 Kg.
c. Kelas C diatas 28 Kg s/d 29 Kg .
d. Kelas D diatas 29 Kg s/d 30 Kg .
e. Kelas E diatas 30 Kg s/d 31 Kg .
f. Kelas F diatas 31 Kg s/d 32 Kg .
g. Kelas G diatas 32 Kg s/d 33 Kg .
2. Kategori dan kelas pertandingan untuk remaja:
tanding putra / putri :
a. Kelas A 39 Kg s/d 42 Kg
b. Kelas B diatas 42 Kg s/d 45 Kg
c. Kelas C diatas 45 Kg s/d 48 Kg
d. Kelas D diatas 48 Kg s/d 51 Kg
e. Kelas E diatas 51 Kg s/d 54 Kg
f. Kelas F diatas 54 Kg s/d 57 Kg
g. Kelas G diatas 57 Kg s/d 60 Kg
h. Kelas H diatas 60 Kg s/d 63 Kg
i. Kelas I diatas 63 Kg s/d 66 Kg
3. Kategori dan kelas pertandingan untuk dewasa :
tanding putra :
a. Kelas A 45 Kg s/d 50 Kg
b. Kelas B diatas 50 Kg s/d 55 Kg
c. Kelas C diatas 55 Kg s/d 60 Kg
e. Kelas D diatas 60 Kg s/d 65 Kg
f. Kelas E diatas 65 Kg s/d 70 Kg
g. Kelas F diatas 70 Kg s/d 75 Kg
h. Kelas G diatas 75 Kg s/d 80 Kg
i. Kelas H diatas 80 Kg s/d 85 Kg
j. Kelas I diatas 85 Kg s/d 90 Kg
k. Kelas J diatas 90 Kg s/d 95 Kg
    Bidang gelanggang berbentuk segi empat bujur sangkar dengan ukuran 10m x 10m. Lingkaran dalam bidang gelanggang dengan garis tengah 8 m. Batas gelanggang dan bidang tanding dibuat dengan garis putih selebar 5 cm ke arah luar. Pada tengah-tengah bidang tanding dibuat lingkaran dengan garis tengah 3 m, lebar garis 5 cm berwarna putih sebagai batas pemisah sesaat akan dimulai pertandingan.
    Sudut pesilat adalah ruang pada sudut bujur sangkar gelanggang yang berhadapan yang dibatasi oleh bidang tanding terdiri atas :
a. Sudut berwarna biru yang berada disebelah ujung kanan meja Ketua Pertandingan
b. Sudut berwarna merah yang berada diarah diagonal sudut biru
c. Sudut berwarna kuning yaitu kedua sudut lainnya sebagai sudut netral.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar